Bisnis Sablon Kaos

3 Langkah Tepat untuk Mengembangkan Bisnis Sablon Kaos

Hai, adakah yang sedang menjalankan bisnis sablon kaos? Sudah maju dan berkembangkah? Atau mungkin baru mau memulai? Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbincang dengan teman yang usaha sablon sablon kaosnya ini cukup maju dan bertahan di era yang semakin kompetitif seperti sekarang ini. Senangnya bisa dapat sharing langsung dari ahlinya. Hal yang pertama yang dibicarakan adalah tentang konsep dan tentu dibarengi oleh strategi branding dan marketing yang baik.

Jadi, untuk mewujudkannya memang tidak mudah dan diperlukan kerja keras ekstra. Namun jangan khawatir, bukan berarti sesuatu yang tidak mudah itu tidak bisa dilakukan. Hal yang paling penting adalah mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh, tekun, dan ulet. Untuk membantu mengembangkan bisnis sablon kaos tersebut, saya rangkum tips langkah tepat untuk mengembangkan bisnis sablon kaos dengan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.Tonjolkan Ciri Khas Bisnis Sablon Kaos yang Digeluti

Untuk menonjolkan dan membuat ciri khas tersendiri pada produk sablon kaos, maka siapkan budget untuk membuat desain logo perusahaan. Seberapa pentingkah logo dalam perjalanan bisnis?

Perlu diketahui, hal kecil seperti logo yang mungkin saja dianggap sepele ternyata memberikan pengaruh besar pada tingkat self-branding perusahaan. Kita tentu kenal dari produk dengan logo apple tergigit. Pasti langsung menuju ke iPhone, iPad, dsb. Nah, itulah yang secara spontan kita pikirkan mengenai brand dari produk apple.

Sama halnya dengan bisnis yang akan kita jalankan, jika ingin segera dikenal oleh masyarakat, maka kita harus “mendoktrin” masyarakat dengan logo produk sendiri yang bisa disebut sebagai ciri khas perusahaan. Untuk membuat logo yang unik pun perlu dipikirkan matang-matang dan jangan sembarangan, logo tersebut harus memiliki maknanya yang mendasar dan juga sesuai.

2. Gunakan Metode Marketing yang Tepat

Poin kedua ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Feedback konsumen akan sangat terasa jika metode marketing yang kita gunakan sudah tepat sasaran. Strategi marketing pun harus mengikuti zaman. Di era digital technology seperti sekarang ini tentu kita harus bisa menyesuaikan. Tidak mungkin kita hanya menggunakan metode marketing dengan brosur yang pasti saat ini tidak efektif untuk dilakukan.

Menurut saya, mengapa metode marketing dengan menggunakan brosur kurang efektif di zaman modern seperti sekarang ini? Karena faktanya saya seringkali melihat dan mengalaminya sendiri, saat ada orang yang berusaha keras menyebar brosur, ternyata 75 persen akan berakhir di tempat sampah atau dibuang begitu saja di sembarang tempat. Untuk bisnis sablon atau bisnis apapun, kondisi ini bisa disebut kerugian, karena peluangnya sangat tipis untuk menarik minat pelanggan.

Dari pengalaman pelaku bisnis yang masih bertahan saat ini, disarankan untuk menggunakan metode marketing digital saja. Misalnya saja dengan membangun website atau media sosial untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai tentang produk dan jasa perusahaan. Ini akan jauh lebih efektif dan bisa digunakan selamanya.

3. Berikan Diskon atau Adakan Giveaway

Siapa yang suka diskon? Ternyata survey membuktikan, kebanyakan masyarakat Indonesia sangat gemar berbelanja barang-barang diskon. Nah, dengan fakta ini mengapa kita tidak memanfaatkan peluang tersebut saja guna menarik minat konsumen?

Bukan hanya memberikan diskon saja saat bertransaksi, kita bisa juga mengadakan giveaway agar minat konsumen semakin meningkat. Cara yang satu ini juga terbukti bisa lebih efektif dalam membantu memperkenalkan produk dan jasa bisnis sablon kaos yang kita geluti ke masyarakat digital yang luas.

Gimana? Sudah siap memulai bisnis sablon kaos? Terus semangat dan juga pantang menyerah, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *