Keindahan Air Mancur Purwakarta Sri Baduga yang akan Memanjakan Mata

Keindahan Air Mancur Purwakarta Sri Baduga yang akan Memanjakan Mata

Di Indonesia juga terdapat tempat wisata air mancur Purwakarta yang bernama Taman Air Mancur Sri Baduga. Sebelum adanya Taman Air Mancur Sri Baduga, di lokasi tempat air mancur yang satu ini dahulu memang sudah menjadi tempat wisata dan sarana untuk olahraga warga Purwakarta yang diberi nama Situ Buleud dan sudah ramai dengan wisatawan luar kota sejak dahulu, sedangkan lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga pada zaman dulu merupakan tempat pemandian badak sehingga tak jauh dari tempat wisata taman air mancur ini ada patung badak.

Situ Buleud telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman, museum, dan pusat jajanan yang serba ada. Bahkan sekarang ini Situ Buleud menjadi semakin ramai dengan hadirnya tempat wisata Taman Air Mancur Sri Baduga yang telah dibuka pada 2015.

Lokasi Taman Air Mancur ini tak jauh dari alun-alun Purwakarta, yaitu sekitar 1 kilometer di sebelah timur alun-alun Purwakarta.

Taman Air Mancur Sri Baduga ini memiliki luas sekitar 4 hektar yang kebanyakannya adalah danau. Dan dilengkapi dengan kursi tribun yang memiliki kapasitas kurang lebih 5000 orang. Selain itu, ada juga panggung yang berbentuk huruf “T” yang dipergunakan untuk pertunjukan seni khususnya seni tari. Bahkan ada patung Sri Baduga Mahara dengan empat ekor macan.

Tak lupa juga dengan air mancurnya yang fenomenal. Instalasinya yang menggunakan 100 pipa yang memancarkan air sampai setinggi sekitar 10 meter. Taman Air Mancur Sri Baduga ini memiliki banyak fungsi. Seperti konservasi ikan khas Sungai Citarum, kawasan terbuka hijau, tempat konservasi tanaman langka dan sebagai pengendali banjir.

Sebagai salah satu tempat wisata, pastinya Taman Air Mancur Sri Baduga ini sangat cocok untuk menjadi tempat berswafoto. Ditambah lagi dengan pemandangan sekeliling yang begitu cantik. Apalagi jika Anda ke sini sore hari tepat sebelum matahari terbenam. Atau ketika pertunjukan air mancur menari dengan gemerlap sorot lampu yang sedang berlangsung, pasti cantik sekali pemandangannya.

Tarif Masuk

Agar Anda bisa menikmati pertunjukan air mancur yang menari – nari di Taman Air Mancur Sri Baduga ini, maka Anda tidak dipungut biaya. Tetapi Anda juga tetap harus sedia uang untuk biaya parkir dan jajan.

Jangan lupa juga Anda harus datang lebih awal kalau ingin menonton pertunjukan air mancur yang spektakuler,. Khususnya pada hari Sabtu malam pukul 19.30-22.30 WIB karena pada hari Sabtu, pertunjukan air mancur rutin digelar.

Fasilitas

Dari segi fasilitas umum yang disediakan oleh Taman Air Mancur Sri Baduga ini bisa dikatakan lengkap. Seperti air minum untuk umum, kursi tribun yang disusun bertingkat, wifi, pusat jajanan yang serba ada dan murah yang dijual di sekitar taman air mancur ini. Bahkan ada juga sarana olahraga.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Agar bisa menuju lokasi wisata Taman Air Mancur Sri Baduga ini, maka teman – teman bisa menggunakan kendaraan umum. Seperti kereta api turun di stasiun Purwakarta, bus dengan tujuan Purwakarta dan kemudian dilanjutkan dengan naik angkot yang menuju ke Situ Buleud.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Maka Anda dapat melewati tol Cipularang, kemudian keluar di tol Jatiluhur dengan melalui Ciganea. Jangan lupa juga cek kendaraan Anda sebelum berangkat, agar selamat dan aman sampai tujuan wisata.

Nah, itulah sekilas mengenai air mancur purwakerta Sri Baduga yang bisa Anda kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *