Cara Mengatasi Anemia dengan Mengkonsumsi Makanan Penambah Darah Berikut Ini

Cara Mengatasi Anemia dengan Mengkonsumsi Makanan Penambah Darah Berikut Ini

Anemia atau kurang darah adalah kondisi kekurangan sel darah merah sehat di dalam tubuh dari jumlah yang seharusnya. Anda dapat membantu menjaga kondisi kesehatan Anda berdasarkan makanan yang Anda pilih. Orang anemia sangat memerlukan vitamin B, zat besi, mineral, gula dan zinc agar bisa menjaga kesehatannya agar tetap fit. Berikut ini kami sudah rangkum cara mengatasi anemia dengan mengkonsumsi makanan penambah darah.

Kurma

Kurma yang kaya akan kandungan mineral ini sangat bagus untuk kesehatan. Menurut pengobatan islami, kurma mempunyai banyak sekali khasiat. Termasuk dapat mengatasi anemia. Selain kaya dengan kandungan mineral, kurma juga memiliki kandungan protein, serat, zat besi, tembaga, dan vitamin B6. Konsumsi 2 sendok kurma sehari dapat membantu dalam memperbaiki kondisi anemia dan bisa menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari.

Daging merah

Pada umumnya kalau menderita anemia disarankan untuk makan daging merah. Itu karena kandungan B12 yang ada di dalam daging merah sangat kaya. Vitamin B12 bisa membantu meningkatkan fungsi sumsum tulang belakang sehingga dapat memproduksi sel darah merah secara normal.

Daging merah atau daging sapi, daging kambing dan daging domba juga mempunyai kadar mineral yang sangat tinggi, seperti zinc dan zat besi. Darah merah yang diproduksi akan normal sehingga dapat fungsi bagus untuk tubuh dan tidak akan rusak. Tapi ingat, daging merah itu terkadang juga dapat meningkatkan kolesterol. Jadi cek kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu.

Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan tinggi vitamin B9 atau asam folat yang juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh.

Selain kacang hijau, kandungan yang terdapat pada kacang polong, kacang merah pun mempunyai nutrisi yang sama bagusnya. Tinggal Anda dan si Kecil paling selera dengan kacang yang mana, maka pilihlah sebagai menu sehari-hari Anda.

Gandum

Jika sudah pasti Anda mengalami defisiensi zat besi atau anemia zat besi maka Anda bisa mengkonsumsi gandum. Pilihan lainnya sebagai menu sarapan juga Anda bisa mengkonsumsi roti atau sereal yang memiliki kandungan gandum.

Perlu Anda ketahui, gandum mempunyai kandungan mineral tembaga yang tinggi, karena itu sangat bagus diterapkan sebagai cara mengatasi anemia. Bisa jadi salah satu makanan yang sangat penting untuk penambah darah bagi orang yang menderita anemia.

Ayam

Daging unggas atau ayam memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin B12. Sama halnya dengan daging merah, daging ayam ini pun bisa menjadi sumber protein bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Bagi orang yang menderita anemia, vitamin B6 dapat membantu memproduksi sel darah merah.

Nah, bahayanya untuk Anda yang menjalani pola makan vegan malah akan menjadi tidak bisa mendapatkan nutrisi dari daging merah serta daging unggas, padahal hal ini sangat bagus untuk mengatasi anemia. Anda perlu lebih jeli dalam menggantikan sebuah kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh dari bahan makanan yang lainnya.

Tomat dan wortel

Tomat dan wortel merupakan sumber vitamin A nabati yang sangat baik dalam membantu penyerapan zat besi yang ada di dalam tubuh. Bagi orang yang mengalami defisiensi zat besi, biasanya juga akan diberikan vitamin A. Sangat disayangkan jika sudah banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan zinc, namun tubuh tidak bisa menyerapnya dengan baik.

Nah, itulah cara mengatasi anemia dengan mengkonsumsi makanan penambah darah yang bisa Anda terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *