belajar facebook ads

Tips Sukses Belajar Facebook ads

Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Fakta tersebut dapat kamu manfaatkan, termasuk di bidang marketing. Untuk itu, kamu perlu belajar Facebook ads. Ads adalah salah satu fitur terbaik dari Facebook. Algoritma mereka membuat kamu dapat berinteraksi secara organik dengan orang lain.

Micro targeting mereka juga dapat secara langsung membantu kamu menemukan target yang kamu inginkan. Bagaimana? Tertarik ingin belajar Facebook ads, tapi bingung ingin memulai dari mana? Yuk, simak pembahasan dibawah ini.

Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui Soal Facebook Ads

Facebook ads terdiri dari beragam kampanye. Untuk sukses melakukannya, kamu harus memahami kampanye-kampanye tersebut.

Post engagement

Jika kamu secara teratur mengunggah konten di Facebook, kamu mungkin tahu bahwa tak semua konten berhasil menggaet pengguna. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Salah satunya melalui post engagement.

Post engagement berguna untuk mendapatkan lebih banyak aktivitas pengguna, entah itu melalui kualitas konten atau perluasan jangkauan. Lewat kampanye ini, kamu akan mendapatkan aktivitas yang lebih banyak dibandingkan follower yang kamu miliki.

Instant experience

Jenis kampanye kedua yang dapat kamu lakukan adalah melalui instant experience. Metode ini berbeda dengan post engagement, di mana mereka fokus pada bagaimana caranya suatu produk atau layanan yang diiklankan mendapatkan pengguna baru.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memahami menjelaskan inti dari produk atau layanan yang diiklankan. Dari sana, Facebook akan membantu kamu dengan menampilkan foto produk atau layanan dan tombol ‘Download’.

Video

Fitur video juga menjadi salah satu cara Facebook dalam membantu pengiklannya. Video ini sendiri biasanya menjadi media edukasi bagi para pengguna Facebook untuk mengetahui nilai lebih dari sebuah produk.

Di fitur yang satu ini, video dapat ditampilkan dalam resolusi tinggi dan di rasio 9:16 atau 16:9 minimal video yang dapat diunggah adalah satu detik dengan maksimal 240 menit dan uniknya pengiklan dapat mengunggah sebuah video 360 derajat yang dapat diputar ke mana pun.

Offers

Salah satu metode iklan yang digunakan oleh Facebook adalah iklan berbasis pengguna. Pengiklan baru akan membayar apabila ada pengguna yang tertarik terhadap penawaran yang ditawarkan. Biasanya, penawaran ini berisi diskon, penawaran liburan, atau penawaran khusus dan iklan ini akan langsung mengarahkan pengguna ke halaman pendaftaran di situs mereka di mana dapat mengambil penawaran yang dipromosikan.

Lead generation ads

Mendapatkan pembeli dari suatu iklan di ponsel amat sulit dilakukan. Masalah ini terjadi karena tidak banyak orang yang mau menekan iklan yang ditawarkan hingga memasukkan data informasi pribadi di iklan tersebut.

Facebook mencoba mengakalinya dengan membuat lead generation ads kampanye ini didesain untuk menyederhanakan proses pendaftaran dari suatu iklan maka pengguna Facebook hanya perlu menekan tombol ‘Learn More’ untuk mempelajari iklan tersebut.

Tips Sukses Belajar Facebook ads

Facebook ads bisa dibilang cukup rumit, untuk sukses melakukannya, kamu perlu banyak belajar. Tak cukup dengan belajar, kamu juga perlu melakukan banyak hal, seperti riset produk atau layanan yang ingin diiklankan hingga memahami karakter audiens. Berikut ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kamu berhasil belajar Facebook ads.

Mendefinisikan tujuan iklan

Sebelum mulai membuat iklan, kamu harus lebih dahulu menentukan apa tujuan iklan itu sendiri. Apakah kamu coba meningkatkan interaksi di situs produk atau layanan? Atau ingin mendapatkan banyak pengguna baru?

Mendefinisikan tujuan juga akan membuatmu paham dengan apa yang menjadi target kamu dalam belajar Facebook ads. Oleh karena itu, buat iklan yang sesuai dengan apa yang benar-benar kamu butuhkan bukan orang lain.

Sesuaikan iklan dengan yang kamu inginkan

Hal penting lain yang kamu untuk sukses adalah memahami kebutuhan iklan yang dibuat. Pembuatan iklan tiap produk atau layanan cenderung berbeda-beda ada yang ingin memaksimalkan gambar dan ada pula yang ingin fokus di copywriting.

Facebook ads adalah salah satu sarana yang bagus untuk melakukannya. Mengapa? Karena disana, kamu dapat melakukan kustomisasi iklan, mulai dari tata letak, tombol, hingga apa yang ingin kamu fokuskan, misal gambar atau copywriting.

Tentukan audiens yang tepat 

Menentukan audiens adalah salah satu kunci di sini. Untuk melakukannya, kamu perlu melakukan riset mendalam mengenai siapa kelompok yang memiliki keterkaitan dengan produk atau layanan.

Tes dan analisis

Apabila kamu sudah melakukan tips hal di atas, cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah melakukan tes dan juga menganalisisnya. Tes dan juga analisis perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan iklan yang telah kamu buat.

Nah, itu dia tips belajar Facebook ads yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu ingin mencoba berkarir di bidang social media atau memang sedang mencari pekerjaan sebagai social media marketer? Yuk, sign up dan juga cek berbagai lowongan kerja social media dan marketing di Glints!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *